Pages

Saklar air panas dan saklar air dingin

Secara umum, Dispenser air terdiri dari air dingin dan air panas memiliki saklar untuk menyalakannya. Buat sih saklar tersebut ? Sebenarnya saklar difungsikan untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik. Pemasangan saklar dimaksudkan untuk beberapa hal :
1. Sebagai operasional keperluan pemakaian. Jika salah satu atau kedua fungsi air panas dan air dingin tidak mau difungsikan tanpa harus mencabut AC Cord listrik. Praktis.
2. Sebagai pengaman untuk keperluan perbaikan.
Oleh sebab itu saklar air panas dan saklar air dingin menjadi wajib tersedia pada Dispenser Air. Di Pasaran, Dispenser Air yang memiliki saklar air panas dan saklar air dingin merupakan Dispenser yang mempunyai kualitas yang bagus. Tapi ada beberapa Dispenser air yang hanya memasang saklar on-off dan saklar untuk air panas saja. 
Berikut ini varian beberapa saklar pada dispenser air:
a. Saklar on-off (saklar utama), untuk menyalakan dispenser air dan dilengkapi saklar air panas.
b.Saklar air panas dan saklar air dingin, kedua saklar itu langsung menyalakan dan mematikan fungsinya masing-masing tanpa saklar utama.
c. Sama seperti point b, tapi dilengkapi monitor stand by (lampu LED), ada monitor (lampu LED sebagai indikator) untuk mengetahui listrik PLN stand by, dan jika LEDnya tidak menyala maka Dispenser air memberi indikasi ada masalah dengan stop kontak atau kabel.
Tidak sekedar itu saklar umumnya diletakkan di belakang Dispenser air, tapi SANKEN memberikan posisi saklar berada di samping dan masuk ke dalam sehingga sangat aman.
Yang terbaik adalah setiap Dispenser memiliki 2 saklar untuk air dingin dan air panas yang dilengkapi oleh indikator LED yang menandakan aliran listrik PLN.
Ada hal lain yang mesti Anda pertimbangkan tentang saklar yaitu posisi saklar itu sendiri. Umumnya posisi saklar berada di belakang, tapi SANKEN sudah menerapkan saklar di samping dimana saklar masuk agak ke dalam permukaan samping. Keutamaan dari posisi saklar ini adalah :
1. Kemudahan untuk mengoperasikannya, cukup menekan dari samping.
2. Saklar yang masuk ke dalam menjadikan saklar aman dari pergerakan yang tanpa sengaja bisa menyalakan atau mematikan fungsinya.
3. Mempunyai nilai estetika yang menarik.

Keutamaan di atas menjadi sangat OK jika Dispenser Air yang diposisikan di dalam cabinet. Dengan demikian, saklar air panas dan saklar dingin menjadi penentu untuk aman dan mudah.






No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.