Pages

Penting Nggak Sih Dispenser Galon Bawah

Saat ini Anda mengenal Dispenser Air dengan galon bawah dan galon atas serta paduan antara 2 galon (bawah dan atas). Data menunjukkan Dispenser air Galon atas masih mendominasi pasar karena harga lebih murah dibanding Dispenser Air Galon Bawah. Untuk lebih detail mari kita perhatikan perbedaan dari kedua jenis Dispenser Air :
1. Dispenser air galon atas merupakan dispenser yang mengandalkan turunnya air secara tekanan yang ada di dalam galon dan hukum gravitasi. Kondisi memberi nilai lebih yaitu tanpa adanya listrik (hemat listrik) untuk menditribusikan air dari galon ke tangki penampungan. Tidak hanya itu saja tekanan air yang lumayan kencang  ini memberi kebaikan yaitu kecilnya intensitas menempelnya kotoran/jamur pada pipa saluran air. Dispenser air lebih sehat. Resiko dari Dispenser galon atas ini adalah adanya aktivitas mengangkat galon air ke posisi di atas dispenser air untuk setiap penggantian galon air. Hal ini yang memberatkan konsumen, dimana beratnya mencapai 20 kg. Resiko lainnya bisa menyebabkan adanya debu masuk ke dalam mulut tempat galon dipasang dan air tumpah jika memasangnya tidak tepat.
Ada beberapa saran untuk menghindari resiko di atas yaitu memasang tutup galon anti tumpah sehingga tidak ada resiko air yang tumpah saat penggantian galon. Untuk meminimalkan debu yang masuk harus segera (secepat mungkin) mengganti galon air baru dan lokasi dispenser yang tidak berada di ruang terbuka (aliran udara yang bebas).
2. Bagaimana dengan Dispenser air galon bawah ? Pilihan untuk menghilangkan resiko dari Dispenser air galon atas seperti yang sudah dijelaskan di atas. Terus apakah Dispenser air galon bawah tidak memberikan resiko baru ? Pasti ada. Yang pertama adalah Dispenser air galon bawah ini memerlukan pompa untuk mengisi tangki air dingin dan tangki air panas. Besar daya listrik dari pompa ini tentunya berdampak penambahan biaya rekening listrik. Sebenarnya tidak banyak karena pompa digunakan sesaat air di dalam tangki sudah tidak mencukupi yang diisyaratkan oleh sistem pelampung atau sejenisnya. Perhatikan dengan daya listriknya ada yang wattnya kecil dan ada yang besar. Besar kecilnya watt tidak banyak pengaruh terhadap kecepatan mengisi karena air yang diisi tidak banyak sekitar 30% dari kapasitas tangki air dingin. Yang jauh lebih penting adalah kekuatan dan kehandalan dari pompanya yang didukung oleh garansinya. Semakin kecil daya wattnya semakin lebih hemat listrik. Yang menyenangkan adalah mengganti galon tidak perlu diangkat ke atas lagi, untuk aktivitas ini bisa dilakukan oleh semua orang dewasa baik pria maupun wanita. Ada sedikit perhatian dalam memasukkan galon air baru yaitu mesti diangkat dan jangan didorong saja. Mengapa ? Karena tanpa diangkat bisa menyebab gesekan dengan dasar tempat galon diletakkan yang bisa menyebabkan goresan dan menjadi kotor. Dispenser air galon bawah ini mempunyai resiko jika lampu mati (PLN padam) yang menyebabkan dispenser air galon bawah tidak bisa difungsikan kecuali mengandalkan air sisa di dalam tangki. Jika aliran listrik PLN di rumah Anda jarang mengalami gangguan dan Anda termasuk orang yang sibuk, maka Dispenser air galon bawah ini menjadi pilihan tepat buat Anda.
Dengan penjelasan ini, Anda sebagai konsumen atau calon konsumen dapat mengambil langkah pertimbangan dalam menggunakan dan membeli.

No comments:

Post a Comment

 

Search This Blog

Most Reading

Powered by Blogger.